Monday, June 16, 2014

Ethics of Management Information System

     Pengembangan manajemen sistem informasi memerlukan sejumlah orang yang berketerampilan tinggi dan berpengalaman lama dan memerlukan partisipasi dari para manajer organisasi. Manajemen sistem informasi yang baik adalah yang mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh artinya mampu menyeimbangkan biaya dan manfaat yang akan diperoleh dan menghemat biaya, meningkatkan pendapatan serta tak terukur yang muncul dari informasi yang sangat bermanfaat.
Sistem informasi mempunyai 3 tugas utama dalam sebuah organisasi, yaitu :
1. Mendukung kegiatan-kegiatan usaha/operasional
2. Mendukung pengambilan keputsan manajemen
3. Mendukung persaingan keuntungan strategis
Dalam suatu masyarakat yang memiliki kesadaran sosial, tentunya setiap orang diharapkan dapat melakukan apa yang benar secara moral, etis dan mengikuti ketentuan hukum yang berlaku.
Program etika adalah suatu sistem yang terdiri dari berbagai aktivitas yang dirancang untuk mengarahkan pegawai dalam melaksanakan pernyataan komitmen. Suatu aktivitas yang umum adalah pertemuan orientasi yang dilaksanakan bagi pegawai baru. Selama pertemuan ini,subyek etika mendapat cukup perhatian.
Contoh lain dari program etika adalah audit etika. Dalam audit etika, seseorang auditor internal mengadakan pertemuan dengan seorang manajer selama beberapa jam untuk mempelajari bagaimana unit manajer tersebut melaksanakan pernyataan komitmen. Kode etik khusus instansi, Banyak instansi telah merancang kode etika mereka sendiri. Kadang-kadang kode ini diadaptasi dari kode etik dari organisasi sejenis.
Dalam jurnal ini saya memiliki referensi jurnal dengan judul: "The Ethics of Information and Communication Technology-an Islamic Overview"
Jurnal iniini mengkaji konsep etika dalam perspektif yang berbeda, mulai dari Islam, budaya barat dan ICT (Information, Communication, & Technology). Masing-masing diskusi didukung dengan ide ulama dan pada akhirnya dibuktikan oleh Qur'an dan hadits Nabi Muhammad (SAW). Karya ini menegaskan bahwa etika dalam ICT adalah pandangan dalam berbagai aspek. Aspek-aspek yang ekstensif dengan mendukung ayat-ayat suci Al-Quran dan hadits dari Nabi Muhammad (SAW). Jurnal ini menyimpulkan bahwa dengan berkembangnya ICT sehingga setiap manusia harus sadar dengan etikanya terhadap setiap pekerjaan yang dilakukan.
Berikut merupakan link halaman jurnal:

No comments:

Post a Comment

I believe that I could be a business owner in the future built from my leisure activity

Many people dream of achieving wealth and establishing their good financial as young as they can. So do I, with my hobbies through leisure ...