A Flexible Electronic Commerce Recomendation System
Electronic
Commerce adalah segala macam bentuk transaksi perdagangan atau perniagaan
barang/jasa yang dilakukan dengan media elektronis. Pada era digital seperti
ini berbagai macam hal akan sangat mudah didapatkan secara real time apalagi
jika menggunakan media elektronis untuk mendapatknnya. Perusahaan-perusahaan di
dunia mulai beralih kepada media elektronis untuk meningkatkan kepuasan konsumen
dan produktivitas. Dalam pembahasan jurnal saya yang berjudul “A Flexible
Electronic Commerce Recomendation System” E Commerce merekomendasikan
barang/jasa secara fleksibel kepada konsumennya berdasarkan pada data historis
dari ketertarikan, kesukaan, dan peminatan konsumen terhadap barang/jasa yang
mereka ingin beli. Namun banyak dari metode rekomendasi sulit diterapkan pada sistem dan mereka hanya
menerapkannya pada rekomendasi yang telah ditentukan. Jurnal ini berisi
kerangka dari sistem rekomendasi e-commerce yang fleksibel. Kerangka disusun
atas alat penghubung, mesin perekomendasi, model strategi perekomendasi,
kumpulan teknologi perekomendasi, ketertarikan pengguna, dan basis data alat
penghubung. Pada model strategi perekomendasi, metode dapat disaring secara
kolaboratif, penyaringan terhadap konten, metode aturan asosiasi data, metode
penyaringan berdasarkan ilmu pengetahuan
atau metode campuran. Sistem memetakan implementasi dan permintaan dari model
strategi, dan keseluruhan sistem didesain menjadi bagian yang standar untuk
menyesuaikan dengan perubahan pada strategi perekomendasi. Berikut merupakan
gambar model rekomendasi E Commerce yang fleksibel.
Source: Songjie Gong /
Physics Procedia 24 (2012) 806 – 811
Link untuk melihat jurnal referensi saya:
Wah keren ya bisa langsung nge-link ke jurnal aslinya. Teknologi internet seperti linking ini juga sudah bisa membantu e-commerce kan ya, memang e-commerce itu sangat penting yang untuk menunjang perusahaan.
ReplyDelete