System dynamics modeling of a knowledge management process: A case study in Turkish Airlines
Knowledge
Management adalah segala sesuatu yang berasal dari data, wawasan, informasi,
dan pengalaman, sehingga memberikan kemampuan untuk mengkomunikasikan,
menciptakan, dan mengimplementasikan pengetahuan yang berguna untuk mencapai
suatu tujuan bisnis. Dalam suatu perusahaan diperlukan Knowledge Management
agar alur informasi yang ada di dalam perusahaan tersebut bisa berjalan secara
optimal. Dalam pembahasan jurnal saya yang berjudul “System dynamics modeling
of a knowledge management process: A case study in Turkish Airlines”. Manajemen ilmu pengetahuan bertujuan untuk
mengatur fungsi positif dan negatif ilmu pengetahuan yang sangat penting dalam
tipe operasi yang berbeda dalam perusahaan, mengidentifikasi strategi, dan
produk baru, memperbanyak manajemen sumber daya manusia, dan menyelesaikan
target atau tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Proses manajemen ilmu
pengetahuan terdiri dari 4 proses. Yaitu penciptaan, penyimpanan atau
penggunaan kembali, saling berbagi informasi, dan penggunaan informasi. Maksud
utama dari studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses aktivitas
manajemen ilmu pengetahuan dan interaksi variable di luar dari proses manajemen
ilmu pengetahuan saling berinteraksi satu dengan yang lain dan bagaimana
manajemen ilmu pengetahuan dapat memengaruhi performa suatu organisasi dengan
menggunakan model sistem dinamis yang lebih spesifik pada perusahaan penerbangan
di turki. Studi ini mengindikasikan bahwa proses manajemen ilmu pengetahuan
memiliki hubungan yang positif satu dengan lainnya. Terdapat juga hubungan
positif antara aktivitas tersebut dengan performa suatu organisasi. Berikut
merupakan gambar model manajemen ilmu pengetahuan yang diterapkan pada
perusahaan penerbangan di Turki.
Source: Selim Zaim et al. / Procedia - Social and
Behavioral Sciences 99 ( 2013 ) 545 – 552
Model ini
disimulasikan selama 12 bulan. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk mengamati
bagaimana proses manajemen pengetahuan mempengaruhi bisnis dan kinerja
organisasi. Hasil simulasi yang ditampilkan pada gambar di bawah ini yang
menunjukkan bahwa ada kecenderungan peningkatan kinerja organisasi dalam jarak
12 bulan.
Source: Selim Zaim et al. / Procedia - Social and
Behavioral Sciences 99 ( 2013 ) 545 – 552
Berikut merupakan link dari jurnal saya:
No comments:
Post a Comment