Sunday, March 16, 2014

Knowledge Management



System dynamics modeling of a knowledge management process: A case study in Turkish Airlines

Knowledge Management adalah segala sesuatu yang berasal dari data, wawasan, informasi, dan pengalaman, sehingga memberikan kemampuan untuk mengkomunikasikan, menciptakan, dan mengimplementasikan pengetahuan yang berguna untuk mencapai suatu tujuan bisnis. Dalam suatu perusahaan diperlukan Knowledge Management agar alur informasi yang ada di dalam perusahaan tersebut bisa berjalan secara optimal. Dalam pembahasan jurnal saya yang berjudul “System dynamics modeling of a knowledge management process: A case study in Turkish Airlines”. Manajemen ilmu pengetahuan bertujuan untuk mengatur fungsi positif dan negatif ilmu pengetahuan yang sangat penting dalam tipe operasi yang berbeda dalam perusahaan, mengidentifikasi strategi, dan produk baru, memperbanyak manajemen sumber daya manusia, dan menyelesaikan target atau tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan. Proses manajemen ilmu pengetahuan terdiri dari 4 proses. Yaitu penciptaan, penyimpanan atau penggunaan kembali, saling berbagi informasi, dan penggunaan informasi. Maksud utama dari studi ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses aktivitas manajemen ilmu pengetahuan dan interaksi variable di luar dari proses manajemen ilmu pengetahuan saling berinteraksi satu dengan yang lain dan bagaimana manajemen ilmu pengetahuan dapat memengaruhi performa suatu organisasi dengan menggunakan model sistem dinamis yang lebih spesifik pada perusahaan penerbangan di turki. Studi ini mengindikasikan bahwa proses manajemen ilmu pengetahuan memiliki hubungan yang positif satu dengan lainnya. Terdapat juga hubungan positif antara aktivitas tersebut dengan performa suatu organisasi. Berikut merupakan gambar model manajemen ilmu pengetahuan yang diterapkan pada perusahaan penerbangan di Turki.

 

Source: Selim Zaim et al. / Procedia - Social and Behavioral Sciences 99 ( 2013 ) 545 – 552


Model ini disimulasikan selama 12 bulan. Tujuan dari simulasi ini adalah untuk mengamati bagaimana proses manajemen pengetahuan mempengaruhi bisnis dan kinerja organisasi. Hasil simulasi yang ditampilkan pada gambar di bawah ini yang menunjukkan bahwa ada kecenderungan peningkatan kinerja organisasi dalam jarak 12 bulan.

 

Source: Selim Zaim et al. / Procedia - Social and Behavioral Sciences 99 ( 2013 ) 545 – 552

Berikut merupakan link dari jurnal saya:

No comments:

Post a Comment

I believe that I could be a business owner in the future built from my leisure activity

Many people dream of achieving wealth and establishing their good financial as young as they can. So do I, with my hobbies through leisure ...